15 Juni 2008

MENGOPERASIKAN MACROMEDIA DREAMWEAVER

a. Uraian Materi

Mendesain/membuat halaman web merupakan perpaduan seni, ilmu pengetahuan dan keterampilan. Situs web yang baik harus memiliki kesatuan desain, atau dapat juga dikatakan mempunyai kesamaan tema dalam halaman-halamannya. Terdapat beragam fasilitas yang disediakan oleh Dreamweaver MX untuk mewujudkan hal ini.
Macromedia Dreamweaver MX merupakan software web editor yang telah dilengkapi dengan fasilitas penyuntingan secara visual sehingga user dapat menambah desain dan fungsionalitas halaman web tanpa perlu menulis satu baris pun kode (tag) HTML. Sehingga pada bagian ini tidak akan dibahas tentang tag-tag HTML secara mendetail, karena pembuatan halaman web dibuat secara visual.

1) Pengelolaan File Halaman Web
Pengelolaan file halaman web di sini dimaksudkan sebagai pemrosesan dasar sebuah file yang nantinya akan menjadi halaman web. Pengelolaan file ini meliputi : pembuatan file baru (create new), penyimpanan (save) dan penyimpanan dengan nama lain (save as). Dalam Macromedia Dreamweaver disediakan fasilitas pendefinisian site, yang akan memudahkan pengorganisasian halaman-halaman web sesuai dengan situsnya.
Terdapat 2 cara pendefinisian site, yaitu Basic dan Advance. Pilihan Basic memberikan kemudahan dalam menyiapkan situs, pilihan Basic inilah yang akan digunakan dalam modul ini. Untuk melakukan pendefinisian site, klik Define Site pada Files Panel.

Selengkapnya Silakan Download, klik di sini.




0 komentar: